Mengenali Kulit Sensitif Dan Cara Menanganinya Dengan Tepat

Posted by Tanya Dokter

Kulit Kamu sempat mengalami lebih dari tiga reaksi yang tak wajar seusai pemakaian sebuah produk perawatan kulit alias gatal pada kulit akibat produk wewangian? Apabila benar, maka kemungkinan Kamu mempunyai kulit sensitif. Guna mengenal tutorial penanganannya, kami wajib mengenal terlebih dulu penyebab kulit menjadi sensitif untuk mencegah iritasi pada kulit tak terulang.

Kulit sensitif merupakan kondisi kulit yang bereaksi dengan cara berlebihan pada hal lingkungan. Reaksi kulit yang berlebihan ini kerap dialami saat memakai kosmetik, sabun, sampo, alias losion tabir surya. Kondisi kulit sensitif bisa memkurang baik saat terpapar udara yang kering serta dingin. Walau tanda iritasi tak rutin terdeteksi, rasa gatal, perih, tersengat  alias sensasi kulit kencang umumnya rutin ada.



Apa yang Membedakan Alergi dengan Kulit Sensitif?
Tidak sedikit orang berpikir kulit mereka sensitif, padahal bisa saja hanya kesalahan memilih produk dengan bahan yang tak sesuai terhadap tipe kulit yang dimiliki.  Di lain sisi, reaksi alergi terjadi saat sistem kekebalan badan menjadi aktif dalam melawan benda asing yang dianggap menyerang badan. Akibatnya, kulit menjadi terkesan:

Memerah
Terasa gatal alias perih
Membengkak
Secara spesifik, alergi bereaksi terhadap pemakaian sebuahproduk (krim perawatan wajah, rambut, cat kuku) alias bahan-bahan lain yang mengalami kontak langsung dengan kulit.

Sedangkan pada kondisi kulit sensitif, persoalannya bukan pada bahan alias produk tertentu, tapi umumnya seberapa tak sedikit alias seberapa tak jarang pemakaiannya. Sebagai contoh, efek pemakaian produk yang dengan cara khusus mengandung zat asam. Kamu mungkin baik-baik saja seusai memakai serum vitamin C 10 persen, tapi saat serum itu ditambah menjadi 20 persen, maka kulit Kamu bisa mengalami iritasi. Kamu tak sepenuhnya alergi terhadap bahan-bahan tersebut, melainkan mengalami iritasi. Dengan formula yang tak sama, mungkin akibatnya bakal baik-baik saja.

Apa yang Menyebabkan Kulit Menjadi Sensitif?
Tiap orang mempunyai pemicu reaksi kulit sensitif yang tak sama-beda, di antaranya bisa dikarenakan oleh paparan polusi serta perubahan suhu. Sebagian lagi bisa terpicu oleh kebiasaan menjalani diet yang mengakibatkan penurunan berat badan dengan cara cepat serta/atau efek sebuahpengobatan tertentu. Pada dasarnya keadaan-keadaan tersebut bisa melemahkan daya tahan lapisan kulit terluar. Alhasil, kulit mengalami iritasi, terasa panas, serta mengelupas. Oleh sebab itu, disarankan untuk menghindari suhu yang ekstrem serta perbuat pengelupasan kulit satu kali seminggu. Dianjurkan juga bagi pemilik kulit sensitif untuk memilih produk kulit tanpa wewangian, tanpa bahan aktif yang kuat semacam retinoid alias asam glikolat seta dengan bahan pengtahan lama minimal.

Penyebab lain jadi kulit menjadi sensitif merupakan terlalu tak jarang berganti produk serta perawatan kulit yang berlebihan. Tak sedikit produk perawatan kulit yang terdapat serta mendorong pemakai untuk berulang kali mengganti produk demi menghasilkan perubahan yang lebih baik. Tetapi, mengganti produk semakin-menerus serta terlalu tak jarang meperbuat pengelupasan kulit mati dengan bahan aktif bisa merusak pertahanan kulit, bukan malah membangun perlindungan untuk  kulit.

Langkah Penanganan Kulit Sensitif yang Bisa Diperbuat
Kulit sensitif mudah mengalami peradangan. Kami wajib menanganinya dengan baik serta cocok. Peradangan kronis bisa mengakibatkan penurunan kolagen jadi akibat efek penuaan menjadi makin cepat.

Untuk menangani kulit sensitif, berbagai langkah yang bisa diperbuat:

Pilih produk khusus untuk kulit sensitif. Ingat, makin tak sedikit tipe bahan kimia yang terkandung di dalam sebuahproduk, makin tinggi pula kemungkinan adanya reaksi dari kulit. Umumnya, produk perawatan kulit organik mengandung lebih sedikit bahan kimia, tetapi kandungan ekstrak flora masih bisa memunculkan alergi pada kulit.
Apabila terdapat ruam, hindari ruam tersebut dari paparan sinar matahari serta lindungi ruam dengan memakai pakaian tertutup (bila terdapat di badan) alias topi (bila terdapat di wajah). Tiap ada ruam, kulit juga rentan terkena infeksi, semacam staph alias MRSA yang berbahaya serta berakibat serius. Jadi, saat Kamu curiga mengalami infeksi, hubungi dokter segera untuk memperoleh perawatan dengan antibiotik apabila dibutuhkan.
Secara umum, tak baik memakai krim obat, semacam cortisone alias lidocaine, sebelum berkonsultasi terhadap Krim obat yang mengandung bahan kimia bisa memperparah ruam.
Bangun ketahanan perlindungan kulit dengan mengkonsumsi asam lemak omega-3, semacam minyak biji rami serta minyak ikan.
Jangan terlalu memberatkan kulit Anda. Luangkan waktu kemarin hari tanpa riasan pada wajah.
Kulit sensitif bisa berubah dengan cepat, mulai dari gangguan yang dianggap ringan sampai akhirnya menjadi bersifat kronis. Apabila mengalami iritasi yang makin parah, segera temui dokter Anda.

Related Post



Post a Comment