Kacang-Kacangan, Buah, Dan Sayur Ampuh Sebagai Penurun Kolesterol

Posted by Tanya Dokter

Bagi Kamu yang mempunyai kecenderungan mempunyai kolesterol tinggi, saat ini bisa mencoba kacang-kacangan, buah, serta sayur penurun kolesterol sebagai opsi dalam mengurangi kadar kolesterol.

Pada dasarnya, tiap manusia membutuhkan kolesterol. Kolesterol merupakan lemak esensial yang bertugas menolong kegunaaan badan supaya bekerja dengan baik. Umpama, menolong sel supaya tetap sesuai struktur serta menolong kelenjar badan dalam memproduksi hormon.



Tetapi, kolesterol yang melebihi kadar normal, berisiko memberbagi akibat kurang baik bagi kesehatan. Apabila faktor ini terjadi, berbagai penyakit, semacam serangan jantung serta stroke bakal mengintai Anda.

Pertahankan jumlah total kolesterol Kamu pada angka normal, yaitu tak lebih dari 200 mg/dL. Apabila total kolesterol Kamu 200-239 mg/dL berarti telah mendekati batas atas yang mulai berisiko, serta apabila telah di angka 240 mg/dL alias lebih berarti telah memasuki risiko tinggi.

Apabila total kolesterol Kamu telah telanjur tinggi, Kamu bisa berupaya untuk menurunkannya dengan mengonsumsi kacang-kacangan, buah, serta sayur penurun kolesterol. Pasti saja dengan porsi secukupnya saja. Apa saja yang disarankan untuk dikonsumsi?

Kedelai

Jenis kacang-kacangan yang satu ini leluasa kolesterol, kaya bakal serat, serta rendah lemak jenuh. Inilah satu-satunya tipe kacang-kacangan yang mempunyai protein nabati lengkap, setara dengan daging. Suatu  penelitian mengungkap bahwa mengonsumsi kedelai tiap hari bisa menolong menurunkan kolesterol tipe LDL (low density lipoprotein) sebesar 8-10 persen.

Apel

Apel menjadi buah yang bisa menolong mengurangi kadar kolesterol sebab mengandung pektin, yaitu serat larut yang bersifat menurunkan LDL. Kolesterol LDL yang bereaksi dengan radikal leluasa bakal teroksidasi serta bisa menambah proses terjadinya peradangan serta pembentukan plak di arteri. Polifenol, yaitu antioksidan yang ada pada kulit apel, bekerja memperlambat oksidasi LDL. Oleh sebab itu, makan satu alias dua buah apel per hari yang tak dikupas kulitnya bisa memperlambat oksidasi LDL.

Grapefruit merah

Tidak sedikit orang yang berpendapat grapefruit merupakan jeruk bali. Padahal, jeruk bali serta grapefruit merupakan dua buah yang tak sama. Untuk menurunkan kolesterol, lebih disarankan untuk mengonsumsi grapefruit. Dalam faktor ini, apabila Kamu ingin makan grapefruit, utamakan yang isinya berwarna merah.

Buah yang satu ini mungkin tetap jarang ditemukan di pasaran, tetapi khasiatnya dalam menurunkan kolesterol, bisa diandalkan. Bulir-bulir grapefruit merah mengandung likopen serta liminoids jadi mengonsumsi satu buah grapefruit merah tiap hari selagi satu bulan bisa menolong menurunkan kolesterol setidak sedikit 20 persen. Pektin, serat larut yang terkandung pada grapefruit merah juga turut menolong menurunkan kadar LDL.

Satu faktor yang butuh diperhatikan, tunda dulu mengonsumsi buah ini apabila Kamu sedang mengonsumsi obat-obatan yang ada hubungannya dengan penyakit jantung, semacam penghambat kanal kalsium serta statin.

Tomat

Likopen, zat yang memberi warna merah pada tomat, tidak hanya dikenal menolong melawan kanker juga bisa menolong menurunkan kolesterol. Mengonsumsi likopen tiap hari setidak sedikit 25 mg dikatakan bisa menolong menurunkan LDL (kolesterol jahat) setidak sedikit 10 persen. Meskipun fakta ini tetap memerlukan penelitian lebih lanjut, tak ada salahnya Kamu menjadwalkan konsumsi likopen yang ada dalam tomat tiap harinya.

Setengah liter jus tomat alias tiga setengah sendok makan pasta tomat merupakan tutorial yang nikmat untuk diperbuat. Tambahkan sedikit minyak pada proses memasak tomat untuk memudahkan penyerapan likopen oleh badan.

Terung serta okra

Siapa yang tak kenal dengan terung? Sayuran penurun kolesterol ini mudah didapatkan di pasaran. Terung pada umumnya bersifat rendah kalori. Tidak hanya itu, terung tergolong tipe sumber serat mudah larut yang bisa menolong menurunkan LDL. Kamu juga harus berkenalan dengan okra sebagai sayuran yang mempunyai sifat serupa dengan terung.

Selain mengonsumsi kacang-kacangan, buah, serta sayur-sayuran penurun kolesterol, lebih disarankan lagi untuk dikombinasikan dengan pola makan serta gaya nasib sehat. Pada intinya, jangan biarkan kolesterol berada di atas batas normal supaya Kamu tetap sehat serta terhindar dari ancaman serangan jantung serta stroke di masa depan.

Related Post



Post a Comment