7 Manfaat Kacang Mete Yang Segurih Rasanya

Posted by Tanya Dokter

Selain enak dinikmati sebagai camilan di sela kesibukan, khasiat kacang mete dengan segudang vitamin dan mineralnya ini bisa membikin hari-hari kami menjadi gurih, manis, asin, dan renyah.

Kacang mete aslinya berasal dari timur laut Brasil. Kacang ini tidak jarang kali kami temukan sebagai campuran coklat, dipanggang untuk dimakan begitu saja, atau dijadikan bahan makanan. Dan nyatanya, kacang mete benar-benar bergizi, bahkan bisa memberbagi asupan energi yang besar pada badan.



Kacang yang diambil dari buah jambu mete atau jambu monyet ini mengandung air, energi, protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, thiamin, riboflavin, niacin, beta-karoten, dan retinol. Meskipun kacang mete adalah salah satu tipe kacang dengan kandungan serat terendah, janganlah sekali-sekali meremehkan kandungan vitamin, mineral, dan antioksidannya.

Tidak sedikit studi yang mengasosiasikan khasiat kacang mete dengan penurunan risiko beberapa macam penyakit dan peningkatan kesehatan badan. Berikut 7 khasiat kacang mete yang bisa kalian bisakan.

Jantung

Kacang mete dipercaya bisa menurunkan kolesterol jahat LDL dan trigliserida pemicu penyakit kardiovaskular, stroke, dan serangan jantung. Semua itu berkah kandungan asam lemak tidak jenuh tunggal dan tidak jenuh ganda yang tersedia di dalam kacang mete. Salah satu penelitian bahkan menunjukkan bahwa makan kacang empat kali dalam seminggu bisa menurunkan risiko penyakit jantung koroner sampai 37%.

Secara alamiah kacang adalah makanan leluasa kolesterol dan salah satu sumber dari lemak yang ramah bagi jantung. Kacang juga mengandung arginine (yang berkegunaaan melindungi lapisan dalam dinding pembuluh darah), kalium, vitamin E, vitamin B6, dan asam folat yang dipercaya sanggup melawan penyakit jantung.

Darah

Kandungan zat logam dan tembaga (copper) dalam kacang mete saling bekerja sama untuk menolong badan membentuk dan mekhasiatkan sel darah merah. Tulang, sistem kekebalan badan, saraf, dan pembuluh darah pun nantinya bakal menjadi sehat dan berkegunaaan dengan baik.

Energi

Kacang mete mengandung lebih tidak sedikit karbohidrat dan zat logam dari tipe kacang lainnya, yang berkhasiat sebagai sumber energi. Kacang mete juga kaya bakal zinc dan protein yang berperan penting dalam pertumbuhan dan pembetulan sel.

Tulang

Kacang mete mengandung tembaga dengan jumlah yang ketidak sedikitan. Tembaga dibutuhkan badan untuk proses pergantian jaringan ikat dan kolagen yang rusak. Kedua komponen ini beperan penting dalam proses pembentukan tulang. Tanpa asupan tembaga yang cukup, jaringan badan bakal mudah rusak dan kami pun rentan terkena penyakit diskegunaaan sendi.

Ketidak lebihan tembaga juga bisa menurunkan kepadatan mineral pada tulang dan menambah risiko osteoporosis. Tidak hanya tembaga, kacang mete juga mengandung magnesium yang penting untuk pembentukan tulang. Ini sebab magnesium menolong kalsium terserap dengan lebih baik ke dalam tulang.

Mata

Kandungan senyawa lutein dan zeaxanthin yang bersifat sebagai antioksidan pada kacang mete diduga sanggup melindungi mata dari kerusakan ringan dan bahkan menolong mengurangi katarak.

Batu empedu

Menurut suatu  studi, tidak jarang mengonsumsi kacang (tergolong kacang mete) diduga bisa menurunkan risiko untuk diperbuat operasi kolesistektomi, yaitu prosedur pembedahan untuk membawa kantong empedu.

Berat badan

Khasiat kacang mete yang terbaru adalah sanggup mengelola berat badan dan mengurangi penumpukan lemak dan kolesterol di dalam hati. Semua itu sebab lemak tidak jenuh yang terkandung di dalam kacang mete.

Tunggu apa lagi, yuk, rasakan khasiat kacang mete kini juga!

Related Post



Post a Comment