Deretan Makanan Berlemak Tinggi Yang Baik Untuk Kesehatan

Posted by Tanya Dokter

Tak selamanya makanan berlemak tinggi mengangkat efek kurang baik kepada kesehatan. Karena, selagi Kamu mengonsumsi makanan berlemak tinggi yang sehat, beberapa macam khasiat bagi badan bisa Kamu peroleh.

Konsumsi lemak menjadi tahap penting dalam menjaga kesehatan. Karena, lemak adalah sumber energi mutlak tidak hanya karbohidrat serta protein. Konsumsi makanan berlemak juga berguna dalam proses penyerapan beberapa vitamin serta mineral yang dibutuhkan badan. Hanya saja, dalam mengonsumsi makanan berlemak tinggi, Kamu wajib lebih bijak. Karena, ada beberapa tipe lemak yang baik untuk kesehatan serta ada yang tidak.



Kenali Makanan dengan Kandungan Lemak Sehat 
Kandungan lemak yang tersedia pada makan terbilang beragam. Ada yang mengandung lemak jahat serta ada pula yang mengandung lemak sehat. Yang dikatakan lemak jahat adalah lemak jenuh serta lemak trans. Tipe lemak ini tersedia pada makanan semacam daging merah, kulit ayam, aneka produk susu, telur, kentang goreng, pizza, serta biskuit.

Sementara itu, lemak tidak jenuh dianggap sebagai lemak sehat yang baik untuk kesehatan. Beberapa tipe makanan berlemak tinggi yang sehat, antara lain adalah:

Ikan
Ikan termasuk ke dalam makanan berlemak tinggi yang baik untuk kesehatan. Kandungan lemak tipe asam lemak omega 3 yang tinggi pada ikan, penting bagi kesehatan badan serta otak jadi konsumsi ikan yang lumayan bisa membikin otak bekerja lebih optimal. Kandungan asam lemak omega 3 juga erat dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit stroke, serangan jantung, serta Alzheimer.  Untuk memperoleh lemak sehat pada ikan, konsumsilah ikan yang tidak mengandung tinggi merkuri, semacam salmon, sarden, tongkol, kakap, serta tuna.
Alpukat
Kalori yang terkandung pada buah alpukat 77% berasal dari lemak. Tetapi, lemak yang terkandung dalam alpukat adalah lemak tidak jenuh tunggal yang baik untuk kesehatan jantung. Menurut salah satu lembaga kesehatan di Amerika Serikat, kandungan lemak tidak jenuh tunggal yang tersedia pada alpukat sanggup menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) apabila dikonsumsi dalam jumlah yang cukup. Tidak hanya itu, khasiat alpukat yang juga bisa diperoleh adalah kandungan mineral, fitonutrien, folat, serat, zat besi, potasium, lutein, beta karoten, serta vitamin E.
Kacang
Kacang kaya bakal kandungan lemak, vitamin E, magnesium, serat, serta protein nabati yang dibutuhkan badan.  Tipe lemak yang terkandung pada kacang-kacangan pun termasuk lemak sehat yang baik untuk kesehatan. Umpama, kacang kenari yang mempunyai kandungan asam lemak omega 6 yang disebut dengan asam linoleat. Lemak ini baik untuk kesehatan jantung. Penelitian menyatakan, orang yang mengonsumsi kacang cenderung lebih sehat, serta mempunyai risiko lebih rendah menderita obesitas, penyakit jantung, serta diabetes tipe 2. Tidak hanya kenari, kacang yang direkomendasikan adalah kacang almond serta kacang macadamia. Sebaiknya, pilih produk kacang yang diolah tanpa garam, gula, serta minyak tambahan.
Coklat hitam
Coklat hitam adalah makanan berlemak tinggi yang lezat. Tidak hanya lemak, cokelat hitam juga mengandung serat serta beberapa mineral semacam zat besi, magnesium, mangan serta tembaga. Cokelat tipe ini juga sangat kaya antioksidan. Menurut penelitian, konsumsi cokelat hitam kurang lebih lima kali per minggu, bisa menurunkan risiko kematian dampak penyakit jantung. Coklat hitam juga bisa menambah kegunaaan otak serta melindungi kulit dari sinar matahari. Hanya saja, pastikan cokelat hitam yang dikonsumsi bernilai baik serta tidak mengandung tidak sedikit campuran.
Minyak zaitun murni
Makanan berlemak tinggi selanjutnya adalah minyak zaitun murni. Kandungan lemak yang tersedia pada minyak zaitun murni adalah minyak tidak jenuh tunggal yang baik bagi kesehatan. Konsumsi minyak zaitun murni dalam kadar yang cocok bisa menurunkan risiko mengalami penyakit jantung. Tidak hanya itu, kandungan lemak pada minyak zaitun juga bisa mengurangi risiko pembentukan plak pembuluh darah dampak kolesterol jahat (LDL) dalam badan.
Saat mengonsumsi makanan berlemak tinggi, disarankan juga untuk mengonsumsi makanan berserat. Serat bakal menolong badan mencerna makanan berlemak tinggi serta menolong menanggulangi sembelit.

Mengonsumsi makanan berlemak tinggi dari golongan lemak sehat adalah salah satu tutorial untuk menjaga kesehatan dengan baik. Tetapi, konsultasi dengan dokter alias pakar nutrisi terlebih dahulu apabila Kamu mempunyai kondisi khusus, sebelum mengonsumsi makanan berlemak tinggi.

Related Post



Post a Comment