Memanfaatkan Pewarna Alami Dari Sayuran Dan Bumbu Dapur

Posted by Tanya Dokter

Pewarna makanan untuk mempercantik desain tak susah ditemukan. Walau demikian, pewarna alamiah dari sayuran serta bumbu dapur bisa dijadikan pilihan untuk makanan yang Kamu hidangkan.

Ada beragam bentuk pewarna makanan yang ada di pasaran, tergolong pewarna bubuk, cair, gel, alias pun pasta. Pewarna makanan dipakai untuk perlengkapan masak rumah tangga maupun industri, bahkan juga pada berbagai tipe produk lain semacam kosmetik, farmasi, alat kesehatan, serta kerajinan tangan.



Beragam argumen pemakaian pewarna pada makanan, antara lain untuk hebat perhatian konsumen, mempertajam warna makanan, alias membenahi desain makanan sebab pengaruh cuaca, udara, kelembapan, serta lain-lain. Tidak hanya itu, warna tak sedikit dianggap bisa memengaruhi pemikiran tentang rasa makanan.

Tetapi, pewarna makanan juga mempunyai risiko kesehatan. Suatu  studi tentang pewarna serta pengtahan lama makanan dari sodium benzoate, diperbuat kepada ratusan anak-anak. Hasil studi menunjukkan adanya kemungkinan memicu peningkatan perbuatan hiperaktif.

Apabila pewarna tipe tertentu dianggap berisiko, maka ada baiknya memakai pewarna alamiah dari sayuran serta bumbu dapur semacam:

Warna Oranye dari Wortel
Warna oranye pada wortel khususnya berasal dari beta karoten, yang kemudian diolah badan menjadi vitamin A. Khasiat wortel juga kaya kandungan vitamin K serta vitamin B6. Warna oranye tak sedikit dipakai untuk pewarna makanan sebab tak jarang dikonotasikan dengan rasa yang lezat. Mulai dari makanan, minuman, camilan, yogurt, permen, serta lain-lain.

Warna kuning dari Kunyit
Warna kuning pada kunyit sebab kandungan pigmen kurkumin. Sejak dulu, khasiat kunyit dipakai sebagai pewarna alamiah bumbu kari, bahkan, juga untuk pewarna pakaian. Saat ini pewarna alamiah kunyit juga tak sedikit dipakai untuk makanan kemasan semacam yogurt, sereal sarapan, es krim, minuman ringan, serta lain-lain.  Sebagai pewarna makanan dalam industri, kunyit diberi kode E100.

Kunyit yang bakal dikhasiatkan sebagai pewarna alamiah disarankan memakai kunyit yang telah layu, jadi rasa kunyit tak terlalu mengganggu rasa makanan.

Warna ungu dari ubi ungu
Warna ungu adalah kombinasi merah serta biru. Tidak hanya ubi ungu, warna ini bisa ditemukan pada anggur, terong, serta lain-lain. Warna ungu tersebut sebab kandungan pigmen alamiah antosianin. Bahkan suatu  penelitian menunjukkan, antosianin pada ubi ungu tiga kali lebih tak sedikit dibanding buah bluberi.

Selama ini ubi berwarna oranye tak sedikit dikhasiatkan sebagai pewarna alamiah untuk makanan, tetapi rupanya ubi ungu juga bisa dipakai sebagai pewarna alami. Saat ini ubi ungu dikhasiatkan sebagai pewarna alamiah standar untuk produk jus sayuran, tergolong meningkatkan khasiat kesehatan.

Warna merah dari paprika
Paprika sebagai pewarna alamiah makanan warna merah telah tak sedikit dipakai di industri dengan nomor kode E160c. Ekstrak paprika bisa dipakai sebagai pewarna alamiah sebab kandungan capsanthin serta capsorubin di dalamnya.

Pewarna alamiah dari paprika ini dipakai pada jus jeruk, keju, saus, daging kemasan, serta juga pakan ternak.

Cara Memakai Pewarna Alami
Kini telah tak sedikit ditemukan pewarna alamiah dari sayur serta bumbu dapur yang umumnya dalam bentuk bubuk. Dianjurkan memilih yang tak dibekali rasa alias bumbu lain supaya tak memengaruhi rasa makanan.

Untuk memakainya, campur bubuk pewarna alamiah dengan sedikit air alias cairan dalam masakan. Apabila warna dirasa tetap tak lebih, tambahkan lagi pewarna alamiah bubuk sedikit demi sedikit.

Apabila pewarna alamiah susah ditemukan, maka Kamu bisa membikin sendiri pewarna alami. Pertama, pilih sayur alias bumbu dengan warna terang yang bisa dipakai sebagai pewarna semacam contoh di atas, alias pun yang tampak meninggalkan noda di tangan ketika dipegang.

Kemudian, didihkan sayur alias bumbu tersebut dengan sedikit air. Lalu, keringkan dengan memakai oven alias dijemur. Apabila sayur alias bumbu dalam ukuran besar, iris tipis supaya prosesnya lebih cepat. Seusai itu, tumbuk sayur alias bumbu yang telah kering memakai food processor alias penumbuk kopi, bahan yang Kamu pilih siap dipakai sebagai pewarna alami.

Pertimbangkan memakai pewarna alamiah dari sayur serta bumbu sebagai pilihan dalam memasak. Tidak hanya mempercantik desain makanan, pewarna alamiah juga bisa meningkatkan kualitas nutrisi yang berguna bagi kesehatan.

Related Post



Post a Comment