Menjaga Produksi Kolagen Demi Awet Muda

Posted by Tanya Dokter

Berterimakasihlah terhadap kolagen. Sebabnya, kulit kami bisa terkesan tahan lama muda, kenyal dan leluasa keriput. Tapi sayangnya, produksi kolagen pada badan bisa menurun sebab berbagai hal.

Kolagen adalah protein yang ada di badan, cocoknya di kulit, tulang, otot dan urat. Senyawa ini berkegunaaan sebagai perekat seluruh badan dan menyumbang pada kekuatan dan struktur badan.



Pada kulit, kolagen mempengaruhi kekuatan dan struktur kulit. Penggantian sel kulit lama oleh sel kulit baru juga dipengaruhi oleh senyawa protein ini. Pada kalangan muda, kolagen bisa memberbagi kelembapan dan membikin kulit elastis.

Apa Saja yang Membikin Produksi Kolagen Menurun atau Rusak?
Seiring pertambahan usia, produksi kolagen bakal menurun. Penurunan ini membikin kulit kehilangan elastisitasnya. Hasilnya, kulit mengendur dan timbul garis-garis halus dan keriput pada kulit. Penurunan produksi kolagen yang dikarenakan oleh usia adalah faktor normal dan bakal terjadi pada semua orang.

Tetapi, ada faktor yang bisa membikin produksi kolagen menurun atau rusak sebelum waktunya.

Sinar matahari. Kandungan sinar ultraviolet (UV) dalam sinar matahari bisa memecah kolagen dan merusak serat-seratnya. Elastin, protein yang juga membikin kulit elastis dan kencang, juga turut terkena akibatnya. Pembagian kolagen memicu pertumbuhan elastin dan jumlah elastin yang meningkat memicu produksi enzim pemecah kolagen. Akhirnya kolagen lebih tak sedikit lagi dipecah.
Merokok. Ribuan bahan kimia yang ada di sebatang rokok bisa merusak kolagen dan elastin. Umpama nikotin. Zat ini bisa mengurangi ajaran oksigen dan nutrisi ke kulit sekaligus membahayakan kesehatan kulit.
Mengonsumsi makanan tinggi gula. Ketika mengonsumsi hidangan sangat manis, gula bakal tinggi dalam ajaran darah Anda. Gula dalam darah ini bakal menempel pada protein untuk membentuk molekul baru bernama advanced glycation end products (AGEs). Molekul ini bisa merusak protein-protein lain di dekatnya dan kolagen.
Ekspresi wajah. Semua orang tentu tak jarang mengekspresikan suasana hatinya dengan tertawa, cemberut, atau menyipitkan mata. Sayangnya, faktor ini bisa membikin kolagen stres dan lama-kelamaan garis-garis halus atau keriput bisa timbul di kulit wajah.
Cara Menambah Volume Kolagen
Kolagen terbuat dari asam amino. Untuk memperoleh zat ini, Kamu wajib memperolehnya dari asupan makanan sebab badan tak bisa memproduksi asam amino esensial. Zat ini bisa ditemukan di susu, daging, ikan, telur, dan makanan laut. Tak sedikit sayuran juga mengandung zat ini.

Selain asam amino, produksi kolagen juga mungkin bisa dirangsang dengan makanan mengandung vitamin A, vitamin C, antosianidin (buah ceri), tembaga (kacang-kacangan, kerang, air minum) dan prolin (keju, kedelai).

Kolagen juga bisa Kamu bisakan melewati suntikan. Suntikan kolagen bisa mengembalikan kolagen alamiah pada kulit. Biasanya suntikan ini berasal dari sel-sel manusia atau sapi. Krim mengandung kolagen juga bisa sehingga opsi. Tapi, krim ini hanya bisa bekerja pada permukaan atas kulit. Krim ini bisa menjaga kelenturan dan hidrasi kulit.

Apabila sekarang usia Kamu belum memasuki kepala empat, disarankan hindari hal-hal yang bisa merusak kolagen. Faktor ini bisa mencegah Kamu terkesan tua sebelum usianya atau penuaan dini. Sikapilah dengan bijaksana apabila Kamu sudah berumur di atas 40 tahun. Sintesis kolagen mulai menurun pada usia tersebut dan terkesan drastis seusai wanita mengalami menopause.

Related Post



Post a Comment