Manfaat Menulis Untuk Kesehatan, Ini Cara Melakukannya

Posted by Tanya Dokter

Khasiat menulis tak hanya dirasakan sebagai bentuk hiburan saja, tetapi juga bisa mendukung kesehatan badan. Khususnya dengan menulis ekspresif, yaitu tulisan yang berkaitan dengan pikiran serta perasaan yang muncul dari pengalaman nasib.

Menulis sebagai sarana terapi terbukti telah tak asing lagi. Untuk menolong menyembuhkan luka batin dampak stres serta trauma, para pakar tak sedikit mekhasiatkan beberapa tipe catatan alias bentuk tulisan, semacam jurnal, esai, serta kuesioner.



Beragam Khasiat Menulis
Secara umum, menulis ekspresif bisa menolong Kamu dalam meredakan kecemasan serta menanggulangi depresi. Faktor itu dikarenakan dengan menulis ekspresif bisa menolong Kamu meredakan stres melewati tulisan.

Berdasarkan penelitian, khasiat menulis juga bisa menolong penderita migrain, asma, gangguan tidur, rheumatoid arthritis serta kanker. Menulis membikin mereka lebih rileks seusai beberapa waktu menjalankan kebiasaan tersebut.  Kemudian penelitian terakhir mengungkap, khasiat menulis bisa menolong menambah kegunaaan kekebalan badan bagi pengidap HIV/AIDS.

Menurut seorang ahli, khasiat menulis kemungkinan berasal dari proses menulis yang membikin seseorang bisa mengelola emosi sekaligus merangsang proses intelektual. Menulis juga bisa menjadi tutorial meminta dukungan sosial yang bisa menolong penyembuhan.

Khasiat menulis ekspresif lainnya merupakan membenahi mood Anda, sebab dengan menulis, Kamu bisa:

Menolong memprioritaskan persoalan supaya cepat berakhir.
Mengetahuii pemicu serta mendalami tutorial untuk mengendalikannya dengan lebih baik.
Memberbagi peluang untuk berpikir positif serta mengidentifikasi pikiran negatif.
Membikin Kamu merasa lebih bersyukur serta jujur terhadap diri sendiri.
Cara Mengawali Menulis Ekspresif
Sebelum mengawali menulis, Kamu bisa memilih terlebih dahulu alat apa yang ingin Kamu gunakan untuk menulis, umpama dengan laptop, telepon seluler alias buku catatan. Sebagian orang lebih memilih menulis tangan di atas kertas sebab dikualitas lebih personal. Faktor itu tergantung keenjoyan masing-masing orang.

Seusai Kamu siap untuk mulai menulis, cobalah ikuti beberapa kiat berikut ini:

Usahakan menulis setiap hari
Untuk mendorong diri Kamu dalam menulis dengan cara teratur, rutin sisihkan beberapa menit setiap hari untuk menulis. Apabila Kamu menulis dalam buku jurnal, bawa buku tersebut serta pulpen ke tempat Kamu meperbuat aktivitas.
Menulis sesuai keinginan Anda
Dalam menulis ekspresif, Kamu tak wajib menceritakan tulisan Kamu terhadap orang lain apabila Kamu merasa tak enjoy untuk mengungkapkannya. Dengan menulis, seseorang tak bakal merasa dihakimi alias dikualitas oleh orang lain apabila Ia belum siap untuk menceritakan apa yang ada di pikirannya terhadap orang lain.
Tuang kreativitas Anda
Cobalah untuk membiarkan diri Kamu leluasa menulis, tanpa mengikuti struktur tertentu. Biarkan kata-kata mengalir leluasa tanpa mengkhawatirkan kesalahan ejaan alias apa yang mungkin dipikirkan orang lain. Menulis ekspresif berfungsi untuk menolong Kamu mengingat kejadian yang Kamu alamiah serta berlatih menuangkan emosi serta perasaan yang selagi ini mungkin susah untuk Kamu ceritakan.
Supaya khasiat menulis bisa Kamu rasakan dengan cara maksimal, cobalah untuk bersikap tenang serta merenungkan perpersoalanan dengan cara positif setiap harinya. Tidak hanya itu, terapkan  gaya nasib sehat, semacam mengonsumsi makanan bergizi serta seimbang, olahraga dengan cara teratur serta istirahat yang cukup.

Tetapi, apabila perpersoalanan alias kondisi kesehatan psikis Kamu tak juga membaik dengan menulis, sebaiknya konsultasi dengan psikiater alias psikolog untuk memperoleh penanganan yang cocok.

Related Post



Post a Comment